Tuesday, June 4, 2013

7 (tujuh) tips sebelum memulai Patungan Usaha


 

Agar Anda mempunyai perencanaan matang dalam melakukan Bisnis utamanya yang berbentuk Patungan atau Urunan maka tidak salah anda mengunjungi beberapa situs. Google search engine saalah satu mesin pencaharian sangat cepat mengases PatunganUsaha.com yang di rilis ustad Yusuf Mansur, Begitu Juga Kuala namu.com ini mengindikasikan bahwa perlunya anda mencari refresi yang berkenaan dengan hal tersebut diatas. Tentunya Modal Juga tidak selamanya yang berhubungan dengan Materi (Uang) maka biasanya untuk itulah Bagaimana mengurangi resiko anda masing masing yang terlibat akan memberikan fee atau laba yang sesuai dengan apa yang anda investasikan sesuai dengan saham anda tersebut. Nah Anda tentunya Perlu sedikit untuk meluangkan waktu mencaritahu agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Apa dan Bagaimana Yang perlu di garis bawahi dari awal adalah membuat sebuah perjanjian sebelum memulai usaha Pantungan , Urunan Barengan,Join venture dan lain-lain. Adapun Berikut 7 (tujuh) tips sebelum memulai patungan usaha yang anda perhatikan adalah :
  1.  Perhitungkan rencana kerja meliputi penghitungan modal dan penghitungan komponen biaya  usaha yakni biaya tetap (biaya operasional) dan biaya variable (biaya produksi per unit produk) dengan cermat.
  2.  Pembagian peran yang jelas. Siapa saja yang bertindak sebagai ‘investor/pemodal’, siapa saja yang bertindak sebagai ‘pelaksana/yang menjalankan usaha’, dan siapa saja yang bertindak sebagai ‘investor sekaligus pelaksana’. 
  3.  Pembagian tugas yang jelas antara pihak pelaksana Si A melakukan apa/ kenapa/ tugas dan wewenangnya sampai mana/ support terhadap tim seperti apa. Si B melakukan apa/ kenapa/ tugas dan wewenangnya sampai mana/ support terhadap tim seperti apa. 
  4. Tentukan frekuensi waktu untuk melaksanakan audit pada usaha. 
  5. Investor sebaiknya mendapatkan pembagian laba saja dalam frekuensi waktu tertentu yang disepakati (missal setiap 6 bulan atau 12 bulan) 
  6. Pelaksana sebaiknya mendapatkan gaji bulanan saja yang besarannya sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing dan mesti disesuaikan juga dengan cash flow dan target yang akan dicapai. 
  7. Investor yang sekaligus pelaksana akan mendapatkan gaji bulanan sekaligus pembagian laba. demikian itulah tips sederhana untuk mendirikan patungan usaha semoga bermanfaat dan silahkan menambahkan jika ada masukan catatan : buatlah ikatan perjanjian secara hukum di Notaris jika di perlukan. Lihat juga dibisnisukm.com)

No comments:

Post a Comment