Saturday, March 29, 2014

Mengintip Pesawat Masa Depan yang Aman

Sejak Raibnya Pesawat MH 370 dengan melibatkan sejumlah negara mari kita intip bagaimana kedirgantaraan yang saling unjuk gigi, dengan segala kekuatan penuh dan tentunya semakin menantang seperti negara Amerika sendiri dengam sukarela menggunakan P8 Poseidon, pesawat yang bisa menangkap sinyal kapal selam bawah laut dan gelombang sinyal yang diproduksi Boeing.
Sedangkan Australia, Selandia Baru, Jepang dan Korea Selatan masing masing menggunakan P3 Orion. Pesawat ini bisa mendeteksi keberadaan manusia dari jarak 30 mil dan melacak tanda kehidupan di bawah laut dengan kedalaman hingga 5.000 kaki.
Sementara Cina menggunakan pesawat pengintai besar buatan Rusia, Ilyushin.
Muncul dugaan kalau Poseidonlah yang jadi incaran intelijen Cina untuk diintai, karena pesawat itu adalah model terbaru dari jenis P3 Orion.
Saking khawatirnya, negara yang terlibat saling membuka mata. Tim pencari dari Australia, seperti diberitakan Reuters, bahkan selalu terbang bersama dengan tim Cina. Belum jelas apakah itu merupakan alasan keamanan atau hanya untuk sekedar membantu komunikasi saja. 
Namun di balik semua itu indonesia diam diam menyiapkan juga pesawatnya yakni N2130
Habibie  dengan 63 hak patennya dibidang Aeronatika, kita tunggu saja apa gebrakan Habibe.


No comments:

Post a Comment