Saturday, March 23, 2013

Visit Dairi 2013-2025



Kabupaten Dairi harus digali dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan. Salah satunya melalui program pemberdayaan agar masyarakat terbiasa turut serta sebagai pelaku pembangunan. Program pemberdayaan mampu menumbuhkan kembali modal sosial dan memperkuat hubungan harmonis antara masyarakat, pemerintah dan dunia usaha. Dengan demikian, pembangunan di kabupaten Dairi semakin meningkat di setiap bidang, seperti infrastruktur, perekonomian dan tatanan sosial terkhusus di bidang pariwisata taman wisata iman. Dengan adanya pariwisata Taman wisata Iman jnuga memperluas lapangan kerja bagi masyarakat, dengan membuka usaha dagang souvenir, makanan, dan jasa fotografi.
Salah satu potensi yang begitu besar dapat memajukan  Kabupaten Dairi sebagai salah satu kabupaten yang terdapat di Sumatra Utara, merupakan salah satu contoh kabupaten yang berhasil mengembangkan keberagaman keyakinan menjadi potensi dalam bidang pariwisata. Kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 270.000 jiwa ini, hidup secara berdampingan dalam kerukunan antaragama. Dengan luas wilayah 230.000 hektare dan jumlah. Dairi terkenal sebagai penghasil kopi di dunia dengan nama generik kopi Sidikalang. Dairi juga memiliki kekayaan sumbar daya alam seperti tambang zeng dan timah hitam yang merupakan tambang terbesar di dunia dengan jumlah deposit 20 juta ton. 

Selain subur dan memiliki potensi tambang, Dairi juga memiliki panorama alam yang sangat indah seperti pantai silalahi yang berada di kawasan Danau Toba bagian barat.
Dan fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang.



Sidikalang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. 
Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di daerah pegunungan. Udara yang sejuk ditambah jumlah penduduk yang masih seimbang dengan luas wilayah menjadikan Sidikalang kota yang enak dijadikan tempat tinggal. 









Bagi penduduk di Kabupaten Dairi, Sidikalang merupakan kota pusat perdagangan,pendidikan, kesehatan,dan pelayanan umum lainnya. 


Taman Wisata Iman Sitinjo 



pemerintah kabupaten Dairi memebangun fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang. 
Di lokasi Taman Wisata Iman dengan luas 130.000 m2, anda dapat menyaksikan sederetan patung nabi-nabi yang di ceritakan oleh Kitab Suci. Gedung pertama yang akan anda jumpai saat memasuki taman ini adalah sebuah Vihara budha yang besar dan 
meggah sebuah patung Budha setinggi 5 meter terbuat dari batu asli berada di dalam Vihara tersebut.Selanjutnya, anda akan menjumpai patung yang menggambarkan Abraham (Nabi Ibrahim) menyerahkan kurban persembahan kepada ALLAH, dan diikuti oleh patung Nabi Musa saat menerima Sepuluh perintah ALLAH.Sepanjang 2 km anda akan menikmati pemandangan alam yang sangat indah sebagai latar belakang taman. Di sepanjang perjalanan itu anda akan berjumpa dengan gua Betlehem 14 tahap perjalanan salib (via dolorosa), gua bunda maria, bukit golgota,gereja,kuil hindu lapangan manasik haji dan sebuah masjid,yang di lengkapi dengan fasilitas penginapan.








Kopi sidikalang 




Mata pencaharian penduduk di kota Sidikalang pada umumnya adalah petani, dan pedagang. Penghasilan daerah ini umumnya adalah kopi. Kopi sidikalang sangat terkenal akan cita rasanya, bukan hanya didalam negeri saja tetapi juga diluar negeri. Kopi sidikalang mampu bersaing dengan kopi brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia. 

Terong Belanda
 

Selain itu disidikalang juga ada satu jenis buah yang sangat terkenal pada daerah itu yaitu buah tiung yang dalam bahasa Indonesia dikatakan Terong Belanda. Buah ini sangat berkasiat menambah darah, juga memperlancar peredaran darah. Buah ini kalau belum matang rasanya asam tetapi kalau sudah matang rasanya sangat manis dan empuk. Buah ini sangat banyak dicari orang-orang batak yang ada ditanah rantau, karena selain berfungsi memperlancar peredaran darah, buah ini juga sangat enak rasanya. Cita rasa buah ini akan sempurna apabila buah ini dijus, rasanya gak akan ada yang mengalahkan. 




termasuk juga dari sektor perikanan, budidaya perikanan juga sangat baik di kembangkan di daerah ini diantara lain ikan mas,ikan nila,ikan bawal dan semuanya merupakan ikan tawar masih banyak lagi. hasil penelitian budidaya ikan tawar kesemuanya cocok untuk dikembangkan di daerah ini. 

sektor buah-buahan seperti buah jeruk,semangka,apel,stroberry,dan masih banyak lagi yang dapat dikembangkan budidaya ikan disini, 


No comments:

Post a Comment